Sabtu, 08 Maret 2014

Pennylane Brownies-coconut oil

Resep brownies yang satu ini memang ngangenin deh... Sudah lama sekali sejak aku bikin yang pertama kali waktu masih tinggal di Denpasar. Sayangnya waktu itu sugar layer tipis di permukaan browniesnya ngga keluar. Mungkin ovenku waktu itu kurang panas, dari rasa pun masih kemanisan menurutku. 
Kali ini aku coba lagi tapi gulanya dikurangi sampai 250 gr saja. Manisnya jadi lebih pas, untuk minyak goreng pun aku menggunakan homemade coconut oil alias minyak kelapa murni. Kebetulan ibu mertua punya stok kelapa habis upacara lalu iseng dibikin minyak, harumnya aku suka sekali, it's really really fresh, pure, and healthy :) sampai-sampai aroma vanili cream aja ngga kecium jejaknya, tau gini aku ngga kasih vanili lagi deh hehehe..
Kebetulan kertas roti ku lagi habis, nekat aja ngga pake, astungkara tetep jadi pake cara oles margarin+tabur tepung aja. Tapi setelah brownies mateng ngga aku balik, tunggu agak dingin trus potong-potong di loyangnya langsung, biar ngga hancur. Taburannya cuma pakai chocolate chips, lagi ngga ada kacang-kacangan, kalau pakai mungkin bakalan lebih oke yah...

lumayan kilapnya keluar dikit :p

centil dikit si brownies pakai bunga segala hehe

moist-nyoklat-wangihhh... :D

Ada bagian yg rada basah itu bukan mentah lo, tapi chips yg lumer

Pennylane Brownies 
By : Mbak Riana
Source: cake fever 

Ingredients:

4 butir telur (aku pilih yg besar-besar ^^)
360 gram gula pasir (aku 250 gr aja, dah manis banget)
225 gram minyak goreng (aku 210 gr pure coconut oil)
60 gram cocoa powder
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk (aku vanila cream Ny.Liem, kalau pakai coconut oil di skip ajah)
120 gram kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai (aku ngga pakai)
85 gram Chocolate Chips

How-To:

Panaskan oven suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin atau minyak goreng. Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan. Oven yang sudah cukup panas akan memunculkan lapisan coklat tipis transparan di permukaan brownies, membuat tampilan brownies semakin cantik. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul. Selain itu pengocokan gula juga harus sampai larut. Bila dua hal ini sudah terpenuhi, biasanya lapisan tipis mengkilap ini akan muncul di bagian atas brownies.

Pennylane Brownies
Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental. Masukkan vanili dan garam. Masukkan tepung dan cocoa powder sambil diayak dan diaduk perlahan dengan spatula. Setelah adukan rata, masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu masukkan kacang dan chocolate chips. Untuk permukaan brownies dapat ditaburi almond slice atau kacang lain sesuai selera. Setelah semua adonan tercampur rata, tuangkan di loyang yang tingginya 4 cm. Tinggi loyang jangan lebih dari 4 cm supaya brownies matang sempurna. Resep ini muat di dua loyang 30 cm x 10 cm. Panggang selama 35 menit. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.
Tips Membuat Lapisan Mengkilap di atas Brownies
  • Lapisan mengkilap seperti ada lapisan film tipis itu terjadi bila gula dan telur sudah dikocok sampai kental dan oven sudah cukup panas ketika adonan masuk ke dalamnya. Entah apa teori kimiawinya. Tapi pengalamanku menunjukkan, brownies yang telurnya tidak dikocok kental bersama gula biasanya tidak punya lapisan mengkilap. Namun bila tidak menginginkan brownies yang menjadi rada-rada jadi bolu karena telur yang terlalu mengembang, maka sebaiknya menggunakan gula halus supaya gulanya cepat larut tanpa harus mengocok telur sampai kental.
  • Begitu juga oven yang tidak cukup panas ketika adonan masuk pun sering kali tidak bisa menghasilkan lapisan mengkilap ini. Jadi kombinasi yang pas antara gula larut dan api oven mudah-mudahan bisa memunculkan lapisan kilap brownies seperti pengalamanku selama ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)