Selasa, 04 Maret 2014

Simple Butter Cake

Senangnya bisa update kembali, setelah sempat sakit dan terkapar beberapa hari di tempat tidur. Hari ini aku sempatkan membuat camilan untuk krucils, sambil menemani mereka main di sekitar dapur. Aku kangen makan butter cake yang padat tapi lembut. Pas sekali untuk teman minum kopi atau teh hangat :) Belakangan ini aku putuskan kembali ke resep2 jadul yang tidak menggunakan tambahan pengembang sama sekali, bukan apa-apa semua stok pengembangku sudah kadaluarsa semua, belum sempat keluar sangkar untuk beli yang baru hehehe...
Kali ini aku coba teknik telur yang dipisah. Walau terlihat lebih ribet karena harus mencuci mikser dulu sebelum mengocok putih telur, tapi hasilnya sebanding lah, karena hasil akhir cake mirip sekali dengan sponge cake. Kebetulan suami dan anak-anak ku suka sekali tekstur sponge cake..hemmm :p
Ohya, bikin cake ini juga termasuk anti gagal loh, dijamin pasti ngembang deh walau tanpa additives apapun. Pastinya lebih sehat untuk keluarga tercinta friends ;)

butter cake tapi spongyyy...yummehh :p

penampakan butter cake baru keluar dari oven ^^


dinginkan di cooling rack

Simple Butter Cake
by Panca Dapurberbisik

Bahan A 
230 gr margarin / mentega (aku pakai full blue band)
120 gr gula pasir
6 butir kuning telur
270 gr terigu segitiga
20 gr maizena
1/2 sdt vanili (aku pakai vanila cream ny.Liem, nikmatt bgt wanginya :) )

Bahan B
6 butir putih telur
sejumput garam
100 gr gula pasir

Cara Membuat:
Siapkan loyang, olesi margarin dan taburi tepung, panaskan oven

Ayak bersama tepung terigu dan maizena, sisihkan

Siapkan mangkok 1,  maksukkan margarin, kocok 5 menit sampai lembut dan creamy, lalu masukkan gula, kocok hingga gula larut. Kemudian masukkan kuning telur satu persatu, kocok kembali setiap penambahan kuning telur, beri vanili lalu kocok rata kembali, beri ayakan tepung, aduk perlahan dengan spatula karet hingga homogen. sisihkan.

Cuci mikser hingga bersih dan keringkan

Masukkan garam ke dalam mangkok putih telur lalu kocok dengan speed sedang hingga putih telur naik dan mengembang. Perlahan masukkan gula lalu kocok kembali hingga setengah kaku. Usahakan tidak sampai kaku sekali karena akan membuat tekstur cake kering.

Masukkkan adonan putih telur ke adonan tepung sedikit demi sedikit, aduk balik hingga rata

Enter ke dalam loyang, lalu oven selama 30 menit hingga matang. Di otangku aku gunakan api sedang saja. Tes tusuk, bila lidi bersih pertanda cake matang, matikan api dan keluarkan dari oven. Diamkan 10 menit lalu keluarkan dari loyang. Enjoyy... !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)