Minggu, 23 Februari 2014

Bolu Kukus Fanta Jadul-Mekar-Ngakak-Merekah (No additives)

Hayyyyahh... Kali ini tumben bikin Bolu Kukus Mekar tanpa tambahan bahan kue. Bukan karena lagi musuhan sama additives, tapi semua stok nya mulai emulsifier dan baking powdernya dah kadaluarsa, dipakai baking ngambek, ngga bagus ngembangnya. Belum sempat ke kota cari TBK buat beli yang baru, soalnya si Bos lagi meriang ngga enak badan, kalau diriku yang beli kebanyakan ekornya, masih bayi lagi, ngga bisa ditinggal. Kalo alm. mbah surip bilang sih, "tak gendong kemana-mana" hihihi.. padahal aku lagi perlu bikin kue banyak untuk persiapan upacara di rumah. Akhirnya pasrah, kembali ke resep jadul semua. 

Untuk cake yang di oven sih masih nyantai yah, udah pernah juga bikin tanpa pasukan additives itu. Tapi untuk si bolu kukus mekar ini rada takut-takut. Takut kena kutukan si bolkus! Apalagi waktu googling hampir 90% resep pakai minimal si emulsifier hemmmm... mulai kusut mikirinnya. Sampai akhirnya nemu resep yang jadul ini, cuma pakai soda manis, tapi kuning telur nya pakai lebih banyak, karena sebenernya emulsifier alami itu si kuning telur ini. Okelah, putusin pakai fanta merah ajah, kalau sprite ngga terlalu suka. 

Seperti semua temen-temen yang jarang-jarang buat bolu kukus ini, aku pun penasaran setengah idup! Untuk ngalihin kegatelan tangan ngga buka tutup dandang aku alihin perhatian ke cucian piring dan perabot sambil bolak balik ngelirik jam...duhh waktunya lambat sekali rasanya. Tapi begitu teng, tiba saatnya ngintip, fiuuuhhh legaaaa banget, bolu kukus ku ngakak! Belum belah 4 sih, tapi lumayanlah ngobatin keselku waktu kapan hari bikin bolkus yang bantat dan ngambek, ngga senyum sama sekali. 



Resep Bolu Kukus Mekar
source: maaf lupa dicatet, Matur Suksme buat yang punya resep ^^

Bahan:
250 gr terigu protein rendah (saya kunci biru)
250 gr gula halus (saya gula kualitas baik diblender halus)
2 telur utuh + 2 kuning telur
175 ml soda manis mis: sprite, fanta, coca-cola, dll
sejumput garam
pewarna secukupnya sesuai selera

Cara:
Siapkan cup, beri kertas cup. siapkan dandang kukusan, beri air sebanyak 2 ruas jari, bila memungkinkan selimuti tutup dandang dengan serbet untuk mencegah air menetes di adonan. Jangan dihidupkan dahulu.

Kocok dengan speed tinggi hingga kental telur, garam, dan gula hingga semua gula larut dan homogen. (akan terasa berat, kental sekali dan bila adonan jatuh sangat-sangat perlahan (kaya siput kalo jalan ;) ) saya kocok selama kurleb 20 menit (kocok sebentar manual lalu lanjut standing)

*Saat ini hidupkan kompor, api besar, biarkan hingga dandang beruap banyak dan panassssss sekali.
Turunkan speed ke yang terendah, lalu masukkan bergantian tepung dan soda manis, awali dan akhiri dengan tepung ya. Hasil kocokan akan super kental. siapkan mangkok-mangkok kecil untuk mencampur adonan yang diberi pewarna. Saya pakai 3 varian pasta red bell (coklat, pandan, dan jeruk keprok)

Isi cup penuh, beri warna sesuai selera. Masukkan cup berisi adonan ke dandang, tutup, lalu kukus dengan api besar min 17 menit jangan dibuka. jangan mengisi cup terlalu banyak. Saya mengukus dalam 3 tahap. masing-masing 5 cup saja.

Setelah matang angkat cup, dinginkan di rak kawat agar uapnya hilang, isi panci dengan segelas air panas dari termos, lanjutkan mengukus cup adonan yang lain sampai habis.

Bolu kukus yang telah dingin sebaiknya dibungkus dengan plastik lengket atau seal agar tidak mudah kering dan kehilangan kelembabannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)