Minggu, 02 Februari 2014

Roti Kasur Selai Nanas

Dalam rangka menghabiskan sisa tepung sekaligus memberdayakan selai nanas yang saya buat tempo hari, maka terciptalah resep ngawur ini hihihiii… gimana ngga ngawur, lazimnya roti kasur kan pakai full terigu protein tinggi, lah ini dicampur-campur. Memang ya emaknya Eta-Dika ini suka banget improvisasi, sukurnya rotinya jadi dan empuk juga, walau tanpa bread improver lo. Passs buat nemenin smoothies nanas hasil perasan buah nanas yg waktu bikin selai nanas. 
Dibawah saya share komposisi yang saya pakai ya...
 
Roti kasur perdana ^^

 Roti Kasur Selai Nanas (part 1)
 Panca "dapurberbisik"

Bahan: 
100 gr Cakra
150 gr Segitiga
1/3 sachet fermipan
150 ml air hangat
3 sdm gula pasir
sejumput garam
50 gr margarin
50 gr max creamer
Cara Membuat:
1. aduk gula, air hangat dan fermipan sampai gula larut, diamkan 5 menit
2. aduk garam bersama kedua tepung dan max creamer sampai rata, masukkan larutan gula, uleni sebentar hingga 1/2 kalis, masukkan margarin, uleni lagi hingga kalis, saya banting-banting adonan kurleb 20 an kali (lupa..sekalian ngeluarin emosi jiwa soalnya hihihihi)
3. pindahkan adonan ke mangkuk lain yang bersih, isi mangkuk yg dipakai menguleni dengan air hangat dari termos 1/2 gelas, beri sedikit air dingin ukur dengan jari agar suam-suam kuku saja.
4. letakkan mangkuk berisi adonan didalam mangkuk berisi air, tutup dengan piring atau apa saja, jangan terlalu rapat. fermentasikan kurleb 1 jam hingga  mengembang 2x.
5. kempiskan adonan, bagi menjadi 16 bagian, tipiskan, beri isian, kalau saya selai nanas buatan sendiri ^^, bungkus, letakkan dalam loyangyang telah dioles margarin (saya pakai loyang bulat teflon bongpas 20 cm jadi tidak dioles apa-apa lagi)
6. Diamkan lagi 1 jam, bila suhu ruangan agak dingin, bantu dengan meletakkan air hangat dibawah loyang, tutup loyang.
7. setelah 1 jam adonan akan mengembang kembali, 15 menit sebelumnya panaskan oven, sehingga saat adonan telah mengembang sempurna oven sudah siap.
8. buat egg wash dari 1 butir telur + 2 sdm air, kocok rata, oleskan pada permukaan adonan agar diperoleh hasil yang mengkilat setelah matang.
9.panggang dengan api sedang saja sampai permukaan roti kecoklatan, angkat, sajikan.. :)

susun adonan roti dalam loyang

egg wash (1 butir telur+2 sdm air)

egg wash supaya roti lebih mengkilat

very fresh from the oven :D

serat lembut dengan sentuhan garing pada kulit roti

cepet banget ludesnya hihiihi yummmehh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)