Senin, 03 Februari 2014

Sponge Cake Panggang dan Kukus



I do baking for reason. Bisa karena ada request, acara ulang tahun, atau yang paling sering untuk kelengkapan banten. Seperti entri saya yang ini, kali ini saya menyiapkan kue-kue untuk sesaji saat upacara di Pura sungsungan keluarga kami, lusa. Saya membuat 1 loyang sponge cake tulban dan 10 buah cup cake kukus. Untuk sponge cake tulban saya putuskan menggunakan resep dari web site bogasari. Bikinnya 1,5 resep, sebagian  saya panggang menggunakan loyang tulban, sebagian lagi saya kukus dalam wadah cup momma. Tapi ada sedikit accident, gara-gara males ngeluarin loyang cup cake, saya langsung mengukus adonan di cup momma tanpa alas lagi. hasilnya? jengjengg...!! terciptalah 5 buah cup cake yang gendut dan melarrrr, ternyata lem pada cup nya ngga tahan uap panas hohoho...daripada semua melar kaya yang bikin, akhirnya diambil jugalah loyang cup cake nya alasi dengan cup kertas, kemudian sisa adonan masuk ke situ LOL stufidity :D 


 
tampak potongan sponge cake tulban
 
dipotong 1/4 loyang untuk dibungkus




melar-gendut-bulet ^^

cake yang sudah dibungkus
Resep Sponge Cake Bogasari
Dibawah ini 1 resep cake

 Bahan

175 gram Terigu Segitiga Biru (saya pakai Kunci Biru)
200 gram   Gula pasir butiran halus
200 gram Telur ayam utuh (saya pakai 5 butir)
    2 gram Baking Powder (saya 1 sdt)
150 gram Mentega Orchid ,cairkan (saya margarin)
  50 gram Susu segar Indomilk (saya ganti 40 gr max creamer)
saya tambahkan 1 sdm vanili cair (essens vanilli)


Bahan Warna Cokelat
  20 gram Cokelat bubuk
  50 gram Minyak Happy Salad (saya margarin leleh)

Cara membuat
1. Kocok telur ayam dan gula pasir dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan agak kaku.
2. Masukan sedikit demi sedikit terigu Segitiga Biru dan baking powder yang sudah diayak.
3. Tambahkan mentega Orchid cair dan susu segar Indomilk aduk dengan spatula karet secara perlahan-lahan sampai rata.
4. Di tempat terpisah, campurkan minyak Happy Salad dengan cokelat bubuk sampai rata, lalu tuangkan sedikit adonan putih.
5. Siapkan loyang Tulbuns yang sudah dipoles dan ditaburi sedikit terigu.
6. Masukan adonan kedalam loyang dimulai dengan warna putih dan ditumpuk dengan warna coklat , berikan motif marmer dengan menggunakan tusuk sate.
7. Panggang dalam oven dengan suhu 175 derajat C selama kurang lebih 30 menit sampai matang.
Untuk yang dikukus saya ambil sedikit adonan lalu diberi pasta jeruk dan coklat bubuk, kukus 20 menit sampai matang, angkat.

2 komentar:

  1. Brrti ini 1 resep utk panggang & kukus y,,gt sis?

    Xoxo
    *siddhi*
    =p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis, sengaja aku kukus sekalian biarcepet kelarnya, ngga ngantri lg hehee.. Thx dah mampir n comment y xoxoxo

      Hapus

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)