Selasa, 11 Februari 2014

Tiramisu Cake Ekonomis

Saya ini ibu-ibu penggemar kopi, tapi berhubung masih menyusui anak ke 2 dan punya bakat maag, saya hanya berani konsumsi white coffee aja, itu pun yang low caffein. Sebenernya kemarin itu niatnya baking Black Forest in cup, tapi entah kenapa saat eksekusi malah melenceng jauh ke resep Tiramisu cake ekonomis ini hihihihi.. Aslinya Tiramisu tuh pakai mascarpone cheese* dan lady finger, tapi ngga ada yang jual di Tabanan sini. Sekalian aja saya bikin yang versi ekonomis, biar kantong ngga jebol :p Dapet resep di sajian sedap. 

Kalau dari segi rasa dan penampilan sih masih jauh ya dari yang di bakery, maklumlah..bahan menyesuaikan dengan isi dapurnya emak Eta-Dika ^^ Tadinya niat baking kali ini untuk surprise buat suami di moment valentine, Tiramisu nya udah diumpetin di kulkas. Eeh ternyata ketahuan sama kk Eta trus minta dipotongin dan buyarlah acara surprisenya hehehe aaahh sudahlah.. (dengan gaya comic :p ) yang jelas kk Eta acungin 2 jempol, tumbenn (senengberbunga-bunga :D )





First slice for my dearest Eta


Resep Tiramisu Cake Ekonomis
Source : Sedapsekejap modified by Panca “dapurberbisik”
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
Sedapsekejap (SS) : 1 lembar cake diameter 22 cm tinggi 3 cm, belah 2
Panca : Genoise cake 20 cm tinggi 4 cm coffee flavor, belah 2
3 butir telur besar, 1 sdt emulsifier, 75 gr gula, 75 gr terigu segitiga, 30 gr butter (leleh), 1 tetes pasta kopi moka, 1 sdm essens vanili
Cara: Kocok telur, gula, emulsifier hingga kental, masukkan vanili, kocok sebentar, kecilkan mixer,, masukkan tepung sedikit2 hingga habis,, matikan mixer. Masukkan butter leleh dan pasta, aduk balik hingga homogen. Masukkan ke dalam loyang (saya pakai bongpas 20 cm) yang telah dioles mentega, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 30 menit, tes tusuk, sisihkan.

Bahan Krim SS:
300 ml susu cair
25 gram gula pasir
50 gram keju cheddar parut
25 gram tepung maizena dan 2 sendok makan air, larutkan untuk pengental
1 kuning telur
3 lembar gelatin, rendam, peras, tim sampai larut
150 gram whippy bubuk
300 ml air es 


  1. Krim, kocok whippy bubuk dan air es sampai mengembang. Dinginkan.
  2. Rebus susu cair dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan keju cheddar parut. Aduk rata. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sampai meletup-letup. Matikan api.
  3. Ambil sedikit adonan. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Tuang ke rebusan susu sambil diaduk sampai rata. Nyalakan api. Masak sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan gelatin. Aduk rata.
  4. Tuang sedikit-sedikit ke kocokan krim sambil diaduk perlahan.

Bahan Krim Filling Panca:
150 ml susu cair (saya 4 sdm maxcreamer +150 ml air matang suhu ruang)
20 gram gula pasir
50 gram keju cheddar potong dadu

(ketiga bahan tersebut saya masukkan ke grinder lalu proses hingga lembut)
75 gram whippy bubuk yg telah dikocok bersama 100 ml air es hingga mengembang kaku



(kocok bersama bahan krim keju dengan krim dari whippy hingga homogen, masukkan kulkas)


Siapkan juga krim topping dari 100 gr whippy bubuk+150 air es, kocok kaku, masukkan ke plastik segitiga, masukkan kulkas.

Bahan Larutan Kopi (aduk Rata):
1 sachet  kopiko white coffee
100 ml air mendidih
Penyelesaian :
  1. Tata cake di dasar loyang. Lapisi dengan ring. (saya : keluarkan cake dari loyang,belah 2, bersihkan pinggirnya dari remah cake, masukkan kembali 1 layer cake.)
  2. Siram dengan larutan kopi. (saya menggunakan kuas)
  3. Tuang adonan krim di atas cake. Tutup dengan cake yang lain. Siram dengan larutan kopi. Semprot krim topping Bekukan. (saya biarkan semalaman)
  4. Beri taburan coklat bubuk, sajikan.. yummmehh... :p
Untuk 12 potong
* Mascarpone adalah keju segar dari Italia yang dibuat dengan menggunakan krim dari susu sapi.[1] [3] Karena pembuatannya menggunakan krim, maka keju ini termasuk ke dalam jenis keju krim.[4] Keju Mascarpone berwarna putih atau kuning serta memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus.[5] Mascarpone sering digunakan untuk membuat hidangan penutup seperti Tiramisu serta sebagai pengganti krim dalam hidangan pasta atau risotto.[5] [1] [2] Dibutuhkan waktu beberapa hari setelah proses pembuatan agar keju ini matang dan siap dikonsumsi.[5] [2] Karena penggunaan krim dan bukan susu, maka Mascarpone memiliki kandungan lemak yang tinggi, yaitu 75%.[3] [2] 
source: wikipedia

Note: saat pertama dicicipi, rasa krim mascarpone gadungan saya memang terasa lebih asin dan cair karena saya tidak menggunakan maizena ataupun gelatin lagi. Was-was juga tadinya, tapi setelah dikeluarkan dari loyang esoknya, ternyata rasa krim nya tidak asin lagi, juga cukup padat untuk dipotong, tidak sampai meleleh deh. Karena setelah dibiarkan semalaman, kelebihan cairan krim dan rasa asin keju telah diserap oleh sponge cake nya. Tekstur cake pun berganti menjadi moist dan makin enak. Ini yang namanya simbiosis mutualisme hehehe Wonderfull!! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)