Selasa, 24 Desember 2013

Bolu Gulung Ekonomis


Kapan hari, kepengen banget menjajal resep bolu gulung nya Mbak Ricke. Menurut mbak Ricke yg pakai all in one method ( kocok semua kecuali margarin cair) menggunakan metode ini, penting sekali memperhatikan kesegaran telur dan emulsifier, karena merekalah pejuang-pejuang sejati yg bertugas membuat adonan anda bisa mix dengan baik. Bila tidak segar, dipastikan adonan akan susah mengembang (ini sudah pernah saya buktikan sodara2).
Kebetulan semua bahan ada dan krucils udah pada boci alias bobok ciang. Akhirnya mulai deh pertempuran di medan dapur, timbang-timbang bahan dan nangkringin otangku tersayang, eitss ngga lupa juga nyiapin loyangnya yg ritualnya lumayan nyita waktu, mulai dari oles-oles mentega, potongin kertas roti, tempelin di loyang, oles lagi pakai mentega. 
Untuk resep ini saya gunakan 2 loyang 22x22x4, karena setelah diukur, otang saya ngga muat loyang 30 euyyy.. motif pun saya tuang pakai sendok saja, sedang enggan ngeluarin perkakas macam-macam termasuk si plastik segitiga, selain memang adonannya cuma sedikit. setelah dituang adonan coklatnya tarik2 dengan bantuan tusuk gigi atau tangkai sendok (apappun deh yg penting bersih ya..)
Berhubung takut bogul perdana ini gatot, saya panggang satu persatu, loyang yg mengantri saya masukkan di chiller dulu. Sukurlah tidak ada masalah pada adonan yg mengantri tersebut.
Hasilnya, cake yg super lembut dan yummehhh.. makasi ya mbak Ricke yg cantik, sayang deh sekarang beliau di Korea, coba di Tabanan sini, mungkin bakalan tiap hari didatengin sama saya buat kursus hehehe 
gulungan masih amatir :p

adonan ga ditimbang, hasilnya beda ukuran hehe
dinginkan di rak kawat




Bolu Gulung Ekonomis ala Ordinary Kitchen
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
6 butir telur utuh (gunakan telur yg fresh, putih telur masih kental dan kuning telur masih utuh dan bagus)
90 gram gula pasir halus (gula kastor)
1 sdm cake emulsifier*saya sp ryoto timbangan tbk
70 gram terigu protein sedang/all purpose*saya pakai segitiga
10 gram maizena
10 gram susu bubuk
1 sdt vanilla essence (saya pakai vanilla susu L'Arome)*saya pakai vanili bubuk
125 gram mentega, lelehkan dan dinginkan*saya pakai full blueband

Loyang:
1 buah 30x30x4 cm
atau
2 buah 22x22x4 cm

Cara membuat:
1. Siapkan loyang, olesi dasarnya dengan margarin/minyak loyang, alasi dengan kertas roti/baking paper. Oles lagi dengan margarin/minyak loyang. Sisihkan.
2. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk dan campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (cek kekentalan dg mengangkat mixer, adonan akan jatuh perlahan, tidak encer).
3. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet hingga merata dan homogen.
4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan 200'C (api besar) sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila disentuh.
5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)