Jumat, 27 Desember 2013

Ontbijtkoek ala Panca

Ontbijtkoek atau "kue sarapan pagi", namun biasa disebut roti rempah dari Belanda. Gandum hitam merupakan bahan yang paling penting sebagai pewarna cokelat muda. Sering dibumbui dengan cengkih, kayu manis, jahe, dan pala. Beberapa bagian di Belanda memiliki resep lokal mereka sendiri, yang paling terkenal adalah "Oudewijvenkoek") yang sebagian besar dimakan di daerah utara, dan dibumbui dengan adas manis. Ontbijtkoek ini awalnya disajikan saat sarapan dengan lapisan tebal mentega di atasnya, sebagai pengganti roti. Karena manis, kue ini dapat juga dijadikan camilan.Wikipedia

Ada banyak resep Ontbijtkoek di mbah google, dari beberapa resep tersebut, pada dasarnya kue ini menggunakan gula palem dan bumbu spiku, boleh-boleh saja plek diikutin salah satu resepnya. Tapi dalam kamus dapurku, kadang (sering) aku musti berimprovisasi menyesuaikan dengan isi dapurku. Seperti saat ingin membuat si Ontbijtkoek ini, pada resep tercantum 75 gr gula palem, sedangkan aku punya 100 gr, dipikir-pikir sayang aja sisanya yg 25 gr itu mau dipakai apa. Akhirnya aku putuskan membuat Ontbijtkoek versiku sendiri. Dari coba-coba, hasilnya cukup memuaskan, cuma ada sedikit keteledoranku, kulit bagian atasnya masih sedikit menempel, gpp lah percobaan pertama, yang penting rasanya mantaff... Resep bisa dilihat dibawah ya..


Ontbijtkoek ala Panca "dapurberbisik"
Bahan:
100 gr gula palem
1 sdt bumbu spiku/spekoek
45 gr gula pasir
100 gr margarin (lelehkan)
120 gr terigu segitiga
20 gr maizena
setetes pasta susu 
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdt emulsifier
5 butir telur

Cara:
Tangkringin otang, panaskan dengan api sedang
siapkan loyang, aku pakai loyang tulban 20 cm teflon, aku oles margarin
lelehkan margarin pakai api paling kecillllllllllll..... sisihkan
masukkan semua bahan ke dalam com mixer kecuali margarin, lalu kocok dengan meningkatkan perlahan kecepatan mixernya sampai kental  dan mengembang kurleb 15 menit pakai mixerku.
tuang margarin leleh, aduk balik dengan spatula
tuang ke loyang, panggang kurleb 35 menit sampai matang, tes tusuk.

2 komentar:

  1. Hi there Panca..what a great story and recipes, thx 4 sharing, like to try them at my kitchen :)

    BalasHapus
  2. Heloo Katty, thx a lot! Sure.. Will be nice to know ure opinion bout the taste, hope u like them either ;)

    BalasHapus

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)