Sabtu, 14 Desember 2013

Karamel cake enak

Pagi ini berawan tebel banget..nget..nget..pastinya 1000% yakin bakal ujan deress, kalo udah ujan pasti bawaannya laper, palagi dik Dika nyusunya makin hot bikin emaknya kelaperan mulu hikss.. liat sana liat sini ternyata ngga punya cemilan, hemmm, musti bikin sesuatu nih, mulut kalo udah laper ngga bisa diajak kompromi mintanya segera diisi, plus cemil-cemil, no wonder deh timbangan susah turunnya hehee..
untung banget nemu n nyimpen resep kue kesukaanku, cake karamel, sebenernya bukan pertama kali nyoba, tapi 50% gagal, waktu itu pake teknik mentega dikocok, ngga tau akunya yg salah baca resep ato gimana, hasilnya sungguh mengecewakan, kuenya bersarang sih, cuman berasa mentega tok uhh sebell... eits tapi yg ini beda coy, pake mentega dicairin resepnya mbak Meri cantik, makasi mbak maaf ngga bisa cantumin link cos waktu itu lupa save :(
tapi yg jelas resepnya maknyoss 4 jempol mbak, sampe merem melek nikmatin kuenya, manisnya pas, kenyel2, bersarang..perfecto..
Bagi yg mau nyoba, ini resepnya
tampak atas, baru mateng slrupp...

tampak bawah

tampak potongan dalemnya

look at sarangnya..so sexy! like it :)

Bahan:
-200 gr margarin (aku pake full blueband, adanya itu)
-200 ml air mateng
-200 gr gula pasir (aku cairin di soucepan teflon, api kecil bgt sampe cair semua trus kasi airnya, dinginkan, biar cepet dingin boleh diaduk sambil ditiup wakkkkk)
-100 gr terigu serba guna
-150 sampai 200 ml skm (aku 150 doang)
-5 butir telur uk sedang aja
-1 sdt baking soda
-aku tambah sedikit vanili bubuk
Cara membuat:
- cairin di soucepan teflon, api kecil bgt sampe cair semua trus kasi airnya, dinginkan
- siapin oven and panasin pake api sedang aja, oles loyang, aku pake tulban 20cm teflon
-cairkan mentega/margarin jangan sampe didih ya, nanti kurang wangi kuenya,pakai api super kecil trus digoyang-goyang, boleh pinggulnya sekalian digoyang juga, sekalian olah raga hehehe..
- kocok telur sampe berbusa, aku pakai mikser kec medium, masukkan skm, lanjut kocok, bila masih ada sisa skm di wadah, aku tuangi air karamel ke wadah susu, biar terangkat semua skm nya,
-berikutnya tambah tepung yg udah dicampur baking soda, menyusul mentega cair, kocok lagi 5 detik
-terakhir masukkan cairan karamel, kocok lagi 5 detik, hasil akhir memang adonannya cair gt, no problem guys, langsung enter ke loyang yah..
-panggang api sedang (maklum pakai otang sodara2) kurleb 45 menitan, trus pindah ke atas 5 menit lg
-keluarkan loyang dari oven dan biarkan dulu dalam loyang sampai agak dingin
-keluarkan kue dari loyang dengan hati2
-potong2 sesuai selera bapak ibu ya.. selamat menikmati.. yummehhh...

2 komentar:

  1. Mba panca, aku Lina..makasi sharing resepny memang aku Cari-Cari resepnya untuk arisan, ijin copy y mba..

    BalasHapus
  2. Sipsip mbak Lina..silahkan saja, makasi kembali, semoga sukses arisannya ^^

    BalasHapus

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)