Rabu, 25 Desember 2013

Pancake Eta

Kenapa namanya Pancake Eta, karena setiap membuat menu ini pasti karena ada request dari kk Eta, putri kecilku tersayang. Awal2 belajar membuat pancake dapurku selalu penuh perabot, sekarang ngga lagi, aku temukan cara untuk menghemat tenaga, beberapa bahan diolah sekalian (bukan pemalas lo..cuma suka yg efisien saja ;) ) Untuk pun takaran sekarang sudah tidak pakai timbang2 lagi, aku lihat dari kekentalannya saja hehee..
teksturnya fluffy! nyamm...
pakai keju parut
Bahan:
terigu segitiga kurleb 100-125 gr 
2 butir telur, pisahkan
3 sdm gula halus
1- 1,5 gelas susu cair (kadang aku pakai susu bubuk yg dicairkan)
vanili bubuk
1 sdt baking powder/baking soda
2 sdm blue band

Cara :
hangatkan susu cair, cukup hangat saja, langsung masukkan 1 sdm gula halus, blue band, aduk hingga cair, masukkan kuning telur dan vanili bubuk, aduk kembali, sisihkan
ayak tepung bersama baking powder langsung diatas adonan susu
mixer putih telur bersama 2 sdm sisa gula sampai soft peak saja, bila terlalu kaku akan susah mencampur adonannya. masukkan sedikit2 ke adonan tepung
panaskan pan, api kecil saja, tanpa dioles apa2, tuang 2-3 sdm atau pakai sendok sayur, besar kecilnya tergantung selera saja ya.. setelah 3 menit balik, panggang kembali 2 menit, angkat.
penting sekali untuk tidak menekan-nekan adonan saat di pan agar tidak kempis.
lakukan sampai adonan habis. bila ingin menambahkan keju, lakukan saat adonan baru masuk dan belum mengeras. hidangkan.

Enyakk mah..lagi lagi..senang sekali melihat senyum di wajah putri kecilku saat menikmati kue buatanku, beda aja rasanya, lebih puas dan membanggakan... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)