Jumat, 27 Desember 2013

Cake Sirup Abc

Biasanya kalau aku membuat cake dengan rasa buah mis. Cake pisang, cake wortel, cake kabocha, dll pasti kurang direspon oleh mereka, malah kadang harus “kutangani” sendiri alias aku yang habiskan sendiri *nangis guling2. Walaupun menurutku rasanya enak, tapi rupanya suamiku dan keluargaku yg lain ini kurang sreg dengan cake jenis ini. Maka dari itu sekarang aku tidak pernah tertarik lagi dengan resep2 cake yang memadukan buah/sayur ke dalamnya *kapok suruh makan sendiri lebih baik aku yang ngalah cari resep lain saja hehehe kadang bila sedang malas pakai Loyang aku pakai paper cup saja. Resepnya bias dilihat dibawah ya..






Cake Sirup ABC
source: Hesti "yummy for your tummy"
Bahan:
6 butir telur
200 gr terigu segitiga
3 sdm margarin, lelehkan
75 ml sirup abc orange
½ sdt vanili bubuk
225 gr gula pasir (aku 200 gr, supaya tidak kemanisan)
2 sdm skm
Aku tambah 1 sdt emulsifier supaya lebih lembut dan adonan mudah menyatu

Cara membuat:
Panaskan oven (me: tangkringin di atas kompor) api sedang
Siapkan Loyang, oles2, tabur2/paper cup..
Timbang2 bahan dengan teliti, ayak tepung
Pastikan telur dalam keadaan segar, periksa satu2, bila ada yang sudah encer, sisihkan saja untuk bikin dadar telor hehe
Kocok telur, gula, vanili , emulsifier sampai kental berjejak, pakai speednya bertahap saja, aku kira2 15 menit.
Setelah kental kecilkan mixer (speed 1) masukkan ayakan tepung sedikit demi sedikit
Masukkan bahan cair (margarin, skm, sirup) yang sudah disatukan, pakai speed terendah juga sebentar saja, matikan mixer. Lanjutkan dengan spatula, aduk balik dengan ringan, pastikan homogeny, jangan overmix ya
Masukkan ke Loyang,kali ini aku pakai Loyang tulban Teflon diameter 20 cm tinggi 7 cm, panggang kurleb 60 pakai otangku api sedang

2 komentar:

  1. Haloo mbak panca, wah..cakenya cantik sekali, kapan-kapan boleh dongj saya pesen untuk odalan hihi lama ngga ketemu ya kita,nanti sekalian reuni mbak -gek Sri-

    BalasHapus
  2. Woaa..ngga nyangka ketemu disini mbok gek jegeg, siap boss..nanti SMS tiang y hihihi makasi dah mmpir mbok gek, salam buat keluarga di sading y..

    BalasHapus

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)