Kamis, 02 Januari 2014

Black Forest Tahun Baru




Selamat Tahun Baru 2014!! Fiuhhh..Ga terasa sudah ganti tahun lagi, waktu memang cepat sekali berlalu ya. Malam tahun baru kemarin dirumah kumpul-kumpul sambil bakar2an, menunya seperti tahun2 sebelumnya, sate lilit dan ikan bakar, supaya tidak bosan, kali ini aku sempatkan bikin BF, selain untuk nyenengin kk Eta yg memang sukaa sekali sama BF, soalnya nyoklat dan cream nya banyaakkk.. hehhe , sayangnya kali ini ngga nemu cerry di tbk sini, waktu itu keluar sama anak2 n suami sudah kesorean karena sekalian mau jalan2 ke mall, di mall liat ada sih cerry botolan kaca itu lo, tapi sayang duitnya wong pakenya Cuma dikit aja garnish BF nya, makan sendiri pulak, ya sudah akhirnya putusin ngga usah pake cerry, walau setelah diliat-liat BF nya jadi garing dan kurang meriah, gpp deh, lain kali aja bikin lagi hehhehe
Cari2 resep di google, banyak yg suka sama resep Black Forest NCC, akhirnya imanku tergoda untuk coba juga hehee.  Tgl  30 pagi setelah anak2 bobo habis mandi, aku langsung gerilya di dapur, sayangnya di tengah2 mixer telur mereka terbangun gara2 suara mercon Rrrggghhhh… terpaksa lanjut baking sambil ngajak bayi2 yg super rusuh ini, siapa suruh nekat baking waktu rumah sepi, pasrah dapurnya pecah lagi, yang penting barang2 yg berbahaya dan mudah pecah jauh dari jangkauan mereka. Setelah selesai mix dan adonan sudah masuk oven, aku bisa full konsen sama mereka.
Setelah cake matang pun aku biarkan saja dulu didalam oven, apinya dimatikan dan pintu ovennya dibuka, setelah orang rumah pada pulang baru deh dikerjain lagi BF nya, dikeluarin dari Loyang trus mixer butter creamnya. Untuk BF ini aku pakai 2 macam cream, yaitu whipping cream bubuk dan simple BC. Topping dan pagar pakai 1 blok DCC tulip. Untunngnya waktu bikin creamnya ngga ada gangguan sama sekali, anak-anak diboyong neneknya main ke tetangga hehehe..
Habis bakar-bakaran kk eta langsung minta potong si BF sambil tiup lilin! (dasar maniak tiup lilin :p) dan diicip-icip, hemm nyoklat abiss cakenya, creamnya pun mantaff





 

Resep Black Forest NCC
Bahan:
8 telur
60 gr coklat bubuk (aku van houten)
40 gr maizena
100 gr terigu sedang (aku segitiga biru plastic bening)
1 sdm emulsifier (aku sp ryoto)
200 gr gula pasir
100 gr mentega (aku blue band)
¼ sdt vanili (aku vanili cair merk kapal)
Aku tambah ½ tutup botol tofeico black forest dan 2 tetes pasta susu
Cara membuat cake:
Ayak bersama tepung terigu, maizena, coklat bubuk, aduk kembali sampai tercampur rata
Selalu cek kesegaran telur satu persatu, sisihkan yang encer. Mixer telur, gula, vanili, emulsifier sampai kental sekali kurleb 15 menit pakai stand mixer miyako. Ohya, berhubung si mixerku ini ada jarak antara kita eh salah, ada jarak antara dasar com dan pengaduknya, yang bisa berakibat ada adonan yang mengendap di dasar com, selalu kocok manual dahulu sampai berbusa dan gula larut, baru kemudian dudukkan mixer di standingnya, kocok sampai kental.
Masukkan campuran tepung sedikit sedikit, lalu margarin cair, pastikan adonan homogen lalu tuang ke loyang dan panggang dalam oven, pakai otangku 40 menit api sedang. 
Bila telah matang keluarkan dan dinginkan di rak kawat, lalu hias sesuai selera. 
Untuk filling aku pakai whipp haan bubuk yang dikocok, Butter creamnya untuk lapisan luarnya.
Hias dengan coklat serut sesuai selera. kali ini aku mencoba pagar dari coklat cair yang dibentuk satu2 pakai sendok, kelihatan belum rapih ya, hikss.. gpp deh, lain kali dicoba lagi biar lebih mantap penampakannya :p

Cake ini cuma bertahan hidup 2 hari saja, ludes... ini pada doyan apa kemarukk xixixiiii... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)