Sabtu, 11 Januari 2014

Pizza ala Panca

Orang bilang sahabat itu adalah harta yang tidak ternilai. seperti halnya sahabat saya yang satu ini. awalnya sekedar cerita2 soal pizza via bbm, walaupun sama2 tinggal di tabanan, tapi kami jarang bisa bertemu muka karena kesibukan masing2. 

Namanya Wiwin, kebetulan beliau juga suka dan sering bikin pizza untuk keluarganya. sampai ke topik keju mozarella, yang memang susah nyarinya di Tabanan sini, Wiwin bilang sudah menjajal keju mozarella buatan Pak Trie belinya via online, tadinya aku khawatir soal lamanya pengiriman akan merusak kejunya, tapi aku putuskan tetap nekat beli, karena hasrat makan pizza buatan sendiri dengan topping keju mozarella sudah menggunung sih hehehe.. 

Sebelum2nya aku beli kalau kebetulan ada urusan ke denpasar, sempetin mampir di supermarket buat cari si mozza. Kalau pas ngga ada ya terpaksa pakai cheddar hehehe..
Untuk resep dough pizza nya aku sudah pernah coba 2 macem, yang "roti" tipis, dan "tipis kering garing" Keduanya aku suka, tergantung mood aja lagi mau bikin yang mana. dibawah aku share keduanya ya.. Kalau topping sih sesuai selera dan isi kulkas, aku sendiri hampir selalu menambahkan telur dadar, selain murah meriah, enak dan cocok di lidah kami yang "pribumi" :)

Yang menjadi primadona dalam menu pizza ini ya si roti pizza nya, kalau rotinya ngga enak, isi apapun ngga akan ngaruh ya.. Untuk menguatkan "italian taste" nya, selain keju mozarella, ada baiknya sedia oregano kering dirumah. harganya terjangkau dan biasanya ada di supermarket. Thank God aku nemu di "mall" sini :p aku juga sering nambahin banyak sayur mayur dalam pizza, biar lebih banyak seratnya getooo.. hehe

Saat menguleni, bisa dilakukan dengan tangan, aku tidak pernah bisa sampai kalis elastis, tapi astungkare tetep jadi doughnya asal adonan diistirahatkan di suhu yang sesuai, cepet kok ngembangnya. pernah juga pakai mixer miyako tapi tepungnya tidak lebih dari 250 gr, takut jebol.

Aku selama ini tidak pernah menggunakan olive oil dalam membuat adonan dough pizza nya, karena kapan hari dapet nonton di TV kalo olive oil itu sebenernya tidak boleh dimasak dalam suhu tinggi, karena akan menyebabkan kandungan "baik" nya berubah jadi "jahat" alias lemak trans. Padahal kan pizza harus dibakar dalam suhu tinggi, kalau pakai otangku aku pakai api paling besarrr, hawa panasnya langsung menyebar di antero dapur fiuhhhh (kipas-kipas..)

manfaatin alas loyang bongpas teflon 20cm ku buat bikin yg round :)


Yg ini oreganonya kelupaan,baru ditabur 5 menit sebelum mateng :p

first slice for my dearest Eta
pizza jamur dan sosis


Resep Pizza ala Dapur Berbisik
By Panca "Mama Eta-Dika

Bahan dough "Roti tipis"                                             
Pas untuk 1 loyang kotak bawaan otang Hock No 3
-200 gr terigu cakra                                                     
-20 gr terigu segitiga                                                   
-1/2 sachet fermipan                                                     
-180 ml air hangat                                                        
-sejumput garam                                                          
-1 sdm gula pasir                                                          
-2 sdm minyak goreng

Bahan dough "tipis kering"
-200 gr terigu segitiga
-1/2 sachet fermipan
-150 ml air hangat
-sejumput garam
-1 sdm gula (kalau ingin lebih manis tambah)
-5 sdm minyak goreng

caranya:
Buat bahan biang dengan mencampur air hangat (saat jari dicelupkan jari ngga kepanasan) dengan fermipan dan gula, aduk rata, diamkan sesaat (sisihkan) tunggu sampai ada gumpalan yang mengambang kira2 5 menit.

Aduk rata tepung dengan garam (penting! harus rata ya..)
masukkan bahan biang sambil diuleni (boleh pakai mixer) sampai 1/2 kalis, masukkan minyak goreng, mix lagi sampai lembut. 

Pindahkan dough ke mangkok yg lebih kecil, lalu mangkok yang tadi dipakai menguleni diberi air hangat 1/2 gelas, taruh mangkok berisi dough didalamnya, lalu tutup mangkok untuk menguleni tadi dengan sesuatu. tidak usah rapat ya. tunggu 30 menit saja, adonan akan mengembang 2x nya, lalu kempiskan lagi (lihat gambar)istirahatkan 10 menit sambil menyiapkan toppingnya

Taburi loyang pizza dengan sedikit tepung (jangan kebanyakan, tipis saja sampai seluruhnya tertutup tepung. taruh adonan lalu tekan2 sampai tipis sekali, bila perlu gunakan gelas untuk membantu meratakan, usahakan bagian pinggir lebih tebal agar saus tidak keluar dari adonan. tusuk2 adonan dengan garpu agar adonan tidak mengembang seperti roti manis ^^ balurkan saus tomat sampai seluruhnya tertutup (sisakan 1 cm pinggirnya)
Tips:sebaiknya gunakan loyang yang paling tipis yg anda punya, kalau ngga punya gpp jangan berkecil hati, pakai loyang biasa tapi gunakan bagian bawahnya alias pantat loyang :)

Beri topping sesuai selera, usahakan bawang bombai dan paprika lebih dulu, lalu daging2an atau telur, sayur, oregano kering baru terakhir kejunya.
panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 10 menit pakai api besar, panggang 20 menit saja, angkat, sajikan.. Pizza lezat dan sehat siap diserbu keluarga anda ehhehe ^^ 

Bila anda tidak punya loyang diatas tidak usah dikurangi bahannya, sisa adonan bisa dibuat camilan lain yang tak kalah lezat lo, kalau dirumah jadi rebutan anak2. caranya satukan sisa adonan, betuk atau cetak ketebalan sesuai selera, lalu goreng dengan api kecil hingga warnanya kecoklatan. angkat dan tiriskan. lalu taburi dengan gula halus..yummm mama aja doyan deh ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)