Selasa, 14 Januari 2014

Bolu Kukus Coklat Mekar Lembut

Misi awalnya adalah mengkaryakan maxcreamer yang iseng aku beli kemarin waktu nganterin kk Eta ke indomaret, beli koko drink kesukaannya. Kemasan refill 500 gr harganya Rp.25.000 aja. Sempet browsing apa bisa si creamer ini gantiin posisi whip cream bubuk yang selama ini aku pakai untuk filling atau decor kue. hasilnya nihil, tapi ada rekomendasi bahwa si dia ini bisa untuk gantiin posisi susu waktu bikin kue. 
Jadi penasaran coba, tapi berhubung telur cuma ada 5 butir, ngga mungkin semuanya dipakai musti ada stok kali2 aja kk eta mendadak minta dadar telur. Apalagi liat2 bahan tepung udah pada menipis semua, terigu tinggal 100 gr, maizena 20 gr, Akhirnya kepikiran coba buat bolu kukus aja. kan bisa pakai 2 telur. Bisa sih dipakai cake irit telur, tapi mamanya Eta-Dika lagi males ngeluarin otang dari sarangnya hehehe.. biar lebih cepet aku pakai all in one method (pakai miyako standing) resepnya juga improvisasi lagi, pakai sisa bahan yang ada. Hasilnya bolu kukus kali ini bener2 lembut loh, dari seratnya aja kelihatan. Si bos yang biasanya ngga doyan bolu kukus, ajaib banget langsung ludes 1 biji. Wah asik neh bakalan terus dipakai si max creamer, lumayan ngirit susu. Oya, karena ini creamer nabati, pastinya lebih aman buat anak2 yang ada alergi susu sapi ya kan.. :) Resepnya dibawah ya...

Mekarnya lucukk  ada yg jambul segala ^^

kelihatan kan seratnya lembutt banget!
Bolu Kukus Coklat ala Panca
dapurberbisik.blogspot.com
serving 11 cup biasa

Bahan:
2 butir telur sedang (segar, tidak encer)
1 sdt emulsifier (pastikan masih bagus)
100 gr terigu protein sedang (aku segitiga biru)
20 gr maizena
25 gr coklat bubuk (aku van houten)
50 gr maxcreamer
150 gr gula pasir
1 tutup botol vanili (aku cap kapal)
1/2 tutup tofeico BF (optional, cuma pengen lebih wangi aja)
100 ml air
sejumput garam

Caranya :
Panasin kukusan yang sudah diberi air tapi jangan kena alas kukusan ya.., campur semua bahan di com, mixer kurleb 15 menit sampai kental berjejak. Siapkan cup kertas dan cetakan bolkusnya, tuang adonan (kalau mau lebih rapi sebaiknya pakai plastik segitiga). Isi penuh2, kukus dengan api besar 15 menit jangan dibuka-buka aja biar mekarnya bagus. Angkat, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)