Sabtu, 04 Januari 2014

Cake Pasta Jeruk



Hari sabtu kemarin papa ngajakin jalan sama anak-anak, sekalian beli cat anti bocor, ternyata dinding rumah kami ada yang retak di bagian luar, plafon kami jadi basah dan mulai berjamur. Si kk maunya ke mall, dia ngidam ayam goreng nya. Mamanya sih seneng-seneng aja, sekalian window shopping hahha.. trus pas di rak bahan kue iseng liat-liat pasta makanan, ada yang rasa jeruk keprok merk redbell, lumayanlah..buat nambah-nambah koleksi pasta, biar ngga bosen, pikirku. 

Dari mall mampir ke toko bahan bangunan beli cat sekalian roll nya. Habis itu pulang deh.. si dedek diajak naik motor langsung bobok lelep banget, bahkan sampe di kasur pun ngga bergeming, jadi punya ide buat bersih-bersih rak dapur, rada berantakan jadi susah mau nyimpen alat-alat dan bahan kue nya. Pas asik beres-beres papa nongol trus nyeletuk, wah, bikin kue ya ma..mau donk..! yee.. orang beres-beres doank…tapi akhirnya aku ngga tega juga, karena memang lagi ngga ada camilan, tadi di mall beli kebutuhan babies aja, ngga beli camilan. Ya udah deh langsung punya inisiatif make pasta barunya, sampe rumah langsung diperawanin hehehe… Pas timbang-timbang bahan, keinget buttercream sisa Black forest tahun baru kemaren yang masih 2 kantong segitiga, aku ambil 1 kantong dari kulkas dan dibiarin di suhu ruang biar lembut lagi.

Ngga nyangka deh, walau Cuma pakai pasta setetes murah meriah ini, hasil cakenya yummy banget, lembyutt, berasa bgt jeruknya, wangi lagi. Lumayan banget kalo lagi pengen cake jeruk tapi lagi ngga punya sirup ato jeruk aslinya, hemat lagi (like I wrote before, I loved economic word for baking idea hehehe). Aku pakai bundt pan Teflon ku (lagi) kenapa sih seneng banget pakai Loyang ini? Soalnya asik, ngga pakai tabur bedak tepung lagi, menghemat waktu ^^ Resepnya ngarang sendiri, tapi jamin enakkk deh.. Aku pakai all in one method, biar cepet aja, kalau mau satu2juga bisa kok friends..

Pas cake nya mateng, hujan turun lebat sekali, langsung ambil pisau mau dipotong dan dinikmati bareng segelas teh anget, kk ngeliat cream diatas cake nya langsung minta tiup lilin (huaahhh bener2 balita maniak tiup lilin dirimu nakk,,,hehehe)

i liked the colour, but the flavor is the most ;)

singing:selamat potong kue, kami ucapkan hehehe

baru mateng tinggal separo..
Resep Cake Pasta Jeruk ala Panca
Bahan:
5 butir telur ukuran sedang, pastikan fresh
125 gr gula (aku pakai gula pasir yang diblender)
1 sdt emulsifier
100 gr terigu protein sedang (aku pakai segitiga as always)
20 gr maizena
80 gr margarin, lelehkan (aku blue band)
Setetes pasta jeruk (aku jeruk keprok redbell)
Setetes pasta susu (aku redbell)
Hiasan: butter cream (optional)

Cara membuat:
Siapkan Loyang, oles margarin, panaskan  oven, (aku tangkringin otang tercinta, ganjel sana sini) api sedang
Mixer bersama semua bahan kecuali margarin cair, kocok selama 15-20 menit sampai kental sekali. Pastikan tidak ada adonan yang mengendap di dasarnya. Matikan mixer.
Masukkan margarin cair, aduk balik dengan spatula sampai homogeny, enter ke Loyang, panggang selama kurleb 45 menit (tergantung oven masing-masing) tes tusuk.
Keluarkan dari Loyang, dinginkan, hias sesuai selera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)