Selasa, 07 Januari 2014

Bakso Ayam Kenyal dan mental !



Entah kenapa di sekitar rumahku ini susah bener cari bakso ayam yang enak  (hemm sebenernya memang cari apapun disini rada susah) terutama menu favoritku. Bakso, rujak, siomay, nasi kuning, semua deh yang dulu dengan gampangnya bisa aku beli waktu masih tinggal di Denpasar, ngga ada yang jual di sekitar sini. Sebagai anggota IPB (Ibu2 Pecinta Bakso) halahhh!! Kondisi ini pastinya bikin stress. Kalau pengen bakso musti titip papa yang kerja di pusat kota tabanan. Tapi kan lama-lama kesian juga dititipin terus, walau beliaunya ngga pernah mengeluh dan merasa keberatan.

Akhirnya kepikiran bikin aja sendiri deh, biar ngga pusing, setiap ada kesempatan aku browsing resep2 makanan favoritku ini. Kalau nasi kuning udah sering nyoba, masaknya pakai rice cooker, tinggal cemplang cemplung beras dan bumbu jadi deh.. kalau bakso perjuangannya rada alot. percobaan pertama sukses, Percobaan kedua dan ketiga gagal karena ngeblender dagingnya kurang halus. Aku Cuma pakai grinder kecil bawaan blendernya miyako itu lo.. musti sabarrrrr banget bolak balik bukain grindernya trus ngaduk adonannya supaya grindernya ngga nge- hang. Bahasa balinya Nganceng. Daripada rasanya mengewakan sementara minat ngebakso sedang jaya-jayanya, Akhirnya ngerayu suami buat beli food processor. Buka lazada pas banget FP philis lagi diskon gede, jatuhnya sejuta lebih dikittt..tapi ngga pake ongkir lagi. Tadi pagi papa bbm bilang paketnya dah sampe di kantor, memang dialamatin kesitu, sekali lagi karena rumahku di antah berantah kagak ada nomornya, ekspedisinya ogah ngirimnya, takut kesasar kali hehehe…

Waktu pasang alat2nya rada keblinger juga, banyak bener euy..menurutku sih masih kurang praktis hehehe maaf ya mas dan mbak Philips, apalagi abis ngadon itu aku liat sampe bocor bagian bawahnya, padahal Cuma pakai 450 gr daging, ngga ngerti deh ko bisa gitu, padahal dah ikutin petunjuk di bukunya yang super efisien, hihihi.. yang kasian papa sampai bongkar bawahnya buat bersihin daging yang udah kemana-mana, berbekal tusuk gigi, tisu dan cottonbud, dengan sabarnya suamiku tersayang ngebersihin adonan2 yang nempel.

Bikin bakso kali ini aku coba pakai tepung pro bakso complete mix, belinya di tbk tabanan. kata mbak2 nya hasil baksonya enak pake tepung ini, gampang lagi tinggal nambahin daging aja. Promosi yang menggiurkan mbak, langsung ambil 1 hehee, walau tetep aku tambahin bumbu lagi, biar makin hot. hasilnya bakso kali ini sangattt memuaskan dari segi rasa lo ya, kalo penampakan sih musti kudu dan harus belajar lagi cara mbuletin satu persatu, keburu sore dan laparrr (dasar busui laper mulu ^^) Baksonya kenyall bumbunya juga pas, yumeehh deh pokokna..

belum seragam, habis yg bikin udah ngiler duluan :p

kenyal and mentalll ;)

penghuni baru dapurku :D

tepung bakso yg aku pakai

Resep Bakso
450-500 gr daging ayam (boleh full ayam, boleh campur ikan) aku 350 gr ayam dan 100 gr ikan
½ bungkus tepung pro bakso
1sdm minyak goreng
1sdm kecap ikan (ngga ada jg gpp, tapi kalau sering bikin bakso mending stok deh)
2 siung bawang putih, cincang kasar
150 gr es batu yg dicacah kecil-kecil
1 panci air panas untuk rendaman bakso
Bahan kuah bakso:
1 panci air berisi tulang-tulang ayam, rebus hingga keluar kaldunya. Angkat tulangnya, sisihkan. Bila perlu saring ampasnya
3 siung bawang putih goreng sebentar, haluskan
1 sct penyedap rasa (saya pakai masako sapi)
3 batang daung bawang, ambil putihnya, potong tipis
Garam dan gula secukupnya sesuai selera
Bahan pendamping:
Bihun, rendam dalam air panas, setelah lemas, tiriskan
Bawang goreng
Sawi hijau, rebus, tiriskan
Seledri, Rajang kasar
Tahu goreng

Cara membuat:
Potong2 daging, proses menggunakan FP atau grinder sampai halus, tambahkan es batu sedikit-sedikit proses terus sampai habis.
Masukkan semua bumbu (tepung mix,minyak, dan bawang putih) proses kembali hingga benar-benar menyatu
Bentuk bulat-bulat bakso boleh menggunakan tangan boleh sendok. Langsung cemplungkan ke dalam panci rendaman air panas (tanpa api) Saya sendiri menggunakan tangan yang telah dibasahi, bila tangan mulai terasa lengket basahi kembali, jangan malas membasahi tangan agar permukaan bakso mulus tidak menggerindil ya. Lakukan sampai bahan habis.
Panaskan kuah kaldu, pakai api sedang saja, pindahkan bakso dari panci rendaman, masak hingga matang sempurna. Cirinya bakso mengambang semua, bulet2 gendutt alias ngembang hehehe..
Matikan api, sajikan..
PS: baksonya yang baru mateng langsung diserbu orang rumah, astungkare semua bilang enyakkkk mantepss.. kalo bahasanya benu bolo : Lazissss…. Ahhh senangnya, bakalan makin sering nge bakso nih. Pastinya lebih sehat dan enak dong ya…

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
10 Januari 2014

Menyambung entri sebelumnya, lain waktu aku bikin bakso lagi. Kali ini aku bikin lebih banyak, untuk stok aja, supaya kalau mendadak pengen  bakso, atau untuk pelengkap masakan. Karena pengalaman FP bocor tempo hari, sekarang aku giling dagingnya hati2 dan sedikit demi sedikit. memang lebih lama dan sedikit menurunkan grade kepraktisannya, tapi apa boleh baut ehh buat. aku ngga mau ada insiden lagi adonan bocor.
Berikut sedikit tips membuat adonan banyak menggunakan FP Philips ini:
1. saat mencacah daging, lakukan sedikit demi sedikit, bila daging sampai sekilo bagi 3 atau 4 kali pencacahan.
2. berhati-hatilah saat menuangkan cairan bumbu/larutan tepung, sebaiknya larutan tepung dan bumbu didinginkan dulu di freezer. sebaiknya menuangnya pun dibagi 3 atau 4 kali, boleh bersamaan dengan pencacahan daging
setelah semua daging halus, masukkan kembli ke freezer, ini dimaksudkan untuk meminimalkan penggunaan air es atau es batu yang dapat menyebabkan bocor
3. setelah adonan agak keras, dapat diproses bersama selama kurleb 1 sampai 2 menit saja, untuk memastikan adonan kompak dan benar2 tercampur rata. segera cek bagian bawah tabung.
4. selalu cek rasa adonan dengan cara mematangkan 1-2 bulatan bakso, yang lain biarkan dulu di FP. bila rasa sudah ok baru lanjutkan membentuk bakso dan merendamnya dalam air panas.
5. sebelumnya aku menyarankan membasahi tangan saat membentuknya. kali aku lebih menyarankan untuk meminyaki tangan saat membuat bulatan bakso. hasilnya pasti lebih mulus dan mudah sekali, hasilnya pun bisa bulat smpurna..
6. sisakan sedikit adonan untuk membuat pangsit kulit dan pangsit tahunya, tinggal tambah wortel, tepung sagu dan sedikit garam.

yang kecil2 itu hasil karya kk eta :p

bahan dan proses pembuatan pangsit

3 komentar:

  1. Salam kenal mba..
    mau tanya, ditabanan di toko apa ya beli tepung probaksonya?
    Soalnya didenpasar sy ngga pernah nemuin..

    BalasHapus
  2. Salam kenal jg mbak, pro bakso wktu itu dapetnya di toko kurnia mbak, jl menjangan tabanan, sebelah kiri jalan

    BalasHapus
  3. mantap mbak baksonya kelihatannya,, saya jadi lapar nih,,, heeee

    BalasHapus

Om Swastiastu...
Senang sekali bisa berbagi sedikit cerita dari pengalaman saya di dapurberbisik. Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca sedikit cerita dari saya ini.
Kalau ada yg minat sama foto2 nya wajib contact via email ya, please jangan main copy trus pasang di situs anda (apalagi untuk tujuan komersil) soalnya walau masih amatiran, tapi dibuat dengan susah payah dengan darah dan keringat saya sendiri. Mari kita sama-sama belajar menghargai hasil karya orang lain ;)
Saran dan kritik anda sangat saya harapkan dan hargai, asalkan komentar tidak berbau SARA. mohon jaga semangat Pancasila.
Kita ini Negara dengan banyak suku, dengan kepercayaan masing2. Matur Suksme alias Terima Kasih.. :)